Jangan takut ketika mau mecoba sendiri melakukan penyetelan klep pada motor Anda, tapi perlu diingat,
bahwa setelan klep yang benar atau salah akan mempengaruhi terhadap performa
mesin Sepeda Motor.
Berikut ini saya tulis secara ringkas cara cara yang tepat untuk
menyetel klep pada Sepeda Motor Honda.
1. Persiapkan alat-alat antara lain:
- Obeng (-) besar
- Kunci T 17 (untuk motor Supra X 125/Kharisma)
- Kunci T 14 (untuk motor Supra Fit, Tiger)
- Ring 8-9 (untuk motor tipe bebek)
- Ring 10-11 (untuk motor tipe Sport)
- Ring 17 (untuk motor tipe Sport)
- Ring 24 (untuk motor tipe bebek)
- Fuller gauge 1set
- Valve Adjusting wrech (kunci klep)
2. Buka kedua tutup
klep (In dan Ex) dengan menggunakan kunci Ring 17(tipe bebek) atau Kunci Ring
24(tipe Sport).
3. Awalnya posisikan
agar kondisi valve bebas atau posisi piston pada Titik Mati Atas (TMA), dengan
cara buka tutup magnet pada blok mesin kiri dengan menggunakan Obeng
(-) besar (ada 2 buah ), pergunakan kunci Ring 14/17 untuk memutar poros engkol
berlawanan dengan jarum jam.
4. Sambil memutar
poros engkol, perhatikan pada saat valve In bergerak, lihat pada lubang kecil
di blok magnet, posisikan tanda T pada garis lurus di lubang kecil blok magnet.
5. Kemudian pegang dan
gerak-gerakkan kedua klep untuk memastikan keduanya sudah dalam posisi bebas.
6. Jika langkah diatas
sudah benar, maka lakukan penyetelan valve dengan ukuran untuk tiap-tiap motor
sebagai berikut;
- Tipe Sport (Tiger,Mega Pro,GL Pro,Phantom) ukuran = 0,10mm (±0,01mm).
- Tipe Bebek (Supra Fit, Grand, Legenda, Supra X, Win, GL 100) ukuran celah klep = 0,05mm (±0,01mm).
- Tipe Bebek (Supra X 125, Kharisma, Kirana) ukuran celah klep = 0,03mm (±0,01mm)
- Tipe Matik (Vario) ukuran celah klep ( Klep In : 0,15mm (±0,01mm) Klep Ex : 0,26mm (±0,01mm) )
Cara penyetelannya
adalah, kendorkan mur pengikat tappet adjuster (baut stelan klep) dengan
menggunakan Ring 8-9 / 10-11.
7. Lalu letakkan
Fuller gauge sesuai ukuran celah klep kedalam ujung batang klep, putar tappet
adjuster(baut stelan klep) sampai terasa apabila fuller gauge di tarik terasa
seret dan apabila didorong tidak bisa.
8. Kemudian keraskan
lagi mur stelan klep dan cek ulang hasil stelan klep tadi, sampai hasilnya
tepat, (bila fuller gauge terasa ditarik seret dan di dorong tidak bisa).
9. Tutup kembali semua
komponen yang tadi dibuka kemudian rasakan hasilnya.
Demikian cara menyetel klep
mudah-mudahan bermanfaat.
Selamat Mencoba.
Selamat Mencoba.
0 komentar:
Posting Komentar