Rabu, 19 Maret 2014

5 Langkah Mudah Servis Motor Sendiri

Posted by Unknown on 05.39




Dengan memanfaatkan hari libur untuk menservice motor sendiri di rumah. Tenang gak usah khawatir gak bakal ribet. Karena dengan mengikuti 5 langkah praktis di bawah ini, dijamin enggak bakal merepotkan.
Ayo langsung di praktekan dengan mengikuti 5 langkah di bawah ini:


FILTER UDARA
Karena fungsinya menyaring udara yang masuk ke karburator, dalam jangka waktu tertentu perangkat ini bisa kotor tertutup debu. Bila itu sudah terjadi, untuk filter yang model sponge atau kertas bisa langsung dibersihkan.

Namun filter jenis viscos element (Honda Vario, Beat dan Yamaha Mio), harus diganti.
Cara Membersihkannya tergantung dari bahan. Bila bahan busa, tinggal celup dalam bensin lalu dikeringkan dengan cara memerasnya. Lakukan beberapa kali sampai dirasa benar-benar bersih. Tapi Jangan dipelintir ya, soalnya bisa gampang rusak dan jadi melar. Setelah diperas permukaan busa dilumuri oli SAE 10W-40 secukupnya. Pastikan pakainya oli baru biar hasilnya OK.



KARBURATOR
Dari tangki, bensin kemudian disalurkan ke karburator. Dari perangkat ini, kemudian uap bensin terisap masuk ke ruang bakar. Nah agar suplai bahan bakar ke ruang bakar enggak tersendat, maka karburator harus dibersihkan secara berkala.
Untuk bersihin-nya, gak musti bongkar karburator. bersihinnya bisa dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan pembersih karburator melalui lubang venturi yang menempel pada boks filter udara. Semprotkan beberapa kali, dengan mesin dalam keadaan hidup. Saat cairan disemprotkan dalam karburator, jangan lupa gas dimainkan.

RUANG BAKAR
Akibat dari proses pembakaran, biasanya ruang bakar akan ada penumpukan kerak. Terutama pada kubah kepala silinder. untuk membersihkannya, harus membongkarnya. Tapi sekarang dapat dilakukan sendiri dengan cara ringan oleh pengguna motor pemula Caranya menyemprotkan cairan engine conditioner  ke dalam ruang bakar. Melalui lubang busi. Lalu baru pasang lagi busi dan nyalakan mesin. Hasilnya kalau memang ruang bakar dalam kondisi kotor, maka asap hitam akan keluar dari knalpot. Lakukan beberapa kali, sampai asap item hilang.

BUSI
Sama dengan ruang bakar, karena proses pembakaran terjadi kerak yang menempel pada kepala busi. Bila ini dibiarkan, maka proses pembakaran terganggu, akibat dari minimnya letikan api dari busi untuk membakar uap bensin. Agar hal itu gak terjadi, kepala busi mesti dibersihkan dari kerak yang menempel. Caranya bersihkan bagian tersebut (elektrode bagian samping dan tengah) dengan cara di ampelas atau bisa juga dengan sikat kawat.

RANTAI
Apabila rantai Kendor,kering dan berdebu, akan membuat kinerja perangkat penghubung gerak roda belakang ini akan kurang maksimal. Nah untuk membuatnya kembali tokcer, perlu di setel lagi dengan jarak main 2,5-3 cm.
Jika rantai kering, bisa dilumasi dengan pelumas. Pastikan oli yang digunakan masih baru. Cara yang lebih praktis lagi, dengan menyemprotkan chain lube. Selain jadi enggak kering, rantai juga bebas debu dan gerak roda belakang akan maksimal.
“Ringankan, ayo langsung di praktekkan…

                           “ selamat mencoba semoga berhasil ”



 




0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Search Site