Dengan memanfaatkan hari libur untuk
menservice motor sendiri di rumah. Tenang gak usah khawatir gak bakal ribet.
Karena dengan mengikuti 5 langkah praktis di bawah ini, dijamin enggak bakal
merepotkan.
Ayo langsung di praktekan dengan mengikuti 5
langkah di bawah ini:
FILTER
UDARA
Karena fungsinya menyaring
udara yang masuk ke karburator, dalam jangka waktu tertentu perangkat ini bisa
kotor tertutup debu. Bila itu sudah terjadi, untuk filter yang model sponge
atau kertas bisa langsung dibersihkan.
Namun filter jenis viscos element (Honda Vario, Beat dan Yamaha Mio), harus diganti.
Cara Membersihkannya tergantung dari bahan. Bila bahan busa, tinggal celup dalam bensin lalu dikeringkan dengan cara memerasnya. Lakukan beberapa kali sampai dirasa benar-benar bersih. Tapi Jangan dipelintir ya, soalnya bisa gampang rusak dan jadi melar. Setelah diperas permukaan busa dilumuri oli SAE 10W-40 secukupnya. Pastikan pakainya oli baru biar hasilnya OK.
Namun filter jenis viscos element (Honda Vario, Beat dan Yamaha Mio), harus diganti.
Cara Membersihkannya tergantung dari bahan. Bila bahan busa, tinggal celup dalam bensin lalu dikeringkan dengan cara memerasnya. Lakukan beberapa kali sampai dirasa benar-benar bersih. Tapi Jangan dipelintir ya, soalnya bisa gampang rusak dan jadi melar. Setelah diperas permukaan busa dilumuri oli SAE 10W-40 secukupnya. Pastikan pakainya oli baru biar hasilnya OK.
KARBURATOR
Dari tangki, bensin kemudian disalurkan ke karburator. Dari perangkat ini, kemudian uap bensin terisap masuk ke ruang bakar. Nah agar suplai bahan bakar ke ruang bakar enggak tersendat, maka karburator harus dibersihkan secara berkala.
Dari tangki, bensin kemudian disalurkan ke karburator. Dari perangkat ini, kemudian uap bensin terisap masuk ke ruang bakar. Nah agar suplai bahan bakar ke ruang bakar enggak tersendat, maka karburator harus dibersihkan secara berkala.
Untuk bersihin-nya, gak
musti bongkar karburator. bersihinnya bisa dilakukan dengan cara menyemprotkan
cairan pembersih karburator melalui lubang venturi yang menempel pada boks
filter udara. Semprotkan beberapa kali, dengan mesin dalam keadaan hidup. Saat
cairan disemprotkan dalam karburator, jangan lupa gas dimainkan.
RUANG
BAKAR
Akibat dari proses
pembakaran, biasanya ruang bakar akan ada penumpukan kerak. Terutama pada kubah
kepala silinder. untuk membersihkannya, harus membongkarnya. Tapi sekarang
dapat dilakukan sendiri dengan cara ringan oleh pengguna motor pemula Caranya
menyemprotkan cairan engine conditioner ke dalam ruang bakar. Melalui lubang busi.
Lalu baru pasang lagi busi dan nyalakan mesin. Hasilnya kalau memang ruang
bakar dalam kondisi kotor, maka asap hitam akan keluar dari knalpot. Lakukan
beberapa kali, sampai asap item hilang.
BUSI
Sama dengan ruang bakar,
karena proses pembakaran terjadi kerak yang menempel pada kepala busi. Bila ini
dibiarkan, maka proses pembakaran terganggu, akibat dari minimnya letikan api
dari busi untuk membakar uap bensin. Agar hal itu gak terjadi, kepala busi
mesti dibersihkan dari kerak yang menempel. Caranya bersihkan bagian tersebut (elektrode
bagian samping dan tengah) dengan cara di ampelas atau bisa juga
dengan sikat kawat.
RANTAI
Apabila rantai Kendor,kering
dan berdebu, akan membuat kinerja perangkat penghubung gerak roda belakang ini
akan kurang maksimal. Nah untuk membuatnya kembali tokcer, perlu di setel lagi
dengan jarak main 2,5-3 cm.
Jika rantai kering, bisa dilumasi dengan pelumas. Pastikan oli yang digunakan masih baru. Cara yang lebih praktis lagi, dengan menyemprotkan chain lube. Selain jadi enggak kering, rantai juga bebas debu dan gerak roda belakang akan maksimal.
“Ringankan, ayo langsung di praktekkan…
Jika rantai kering, bisa dilumasi dengan pelumas. Pastikan oli yang digunakan masih baru. Cara yang lebih praktis lagi, dengan menyemprotkan chain lube. Selain jadi enggak kering, rantai juga bebas debu dan gerak roda belakang akan maksimal.
“Ringankan, ayo langsung di praktekkan…
“ selamat mencoba semoga berhasil ”
0 komentar:
Posting Komentar